Dari Echo Ke 5G, MediaTek Pengendali Dari Semua Perangkat

Dari Echo Ke 5G, MediaTek Pengendali Dari Semua Perangkat

Chip MediaTek mendukung segala perangkat mulai dari Speaker Echo, sepeda Peloton, smartphone 5G bahkan hingga smart oven. Semua ini memberikan dampak yang besar terhadap industri teknologi.


Sejak kemunculan chip pada tahun 1994, Prosesor Intel "membuka jalan" bagi orang-orang untuk lebih memperhatikan prosesor dalam perangkat mereka. Ide Intel ini bisa dikatakan jenius, pembuatan chip ini menjadi pilihan bagi pelanggan yang tidak tahu apa-apa tentang teknologi. Sudah 26 tahun berjalan, banyak vendor telah mencoba membuat prosesor namun tidak bisa menyaingi ketenaran Intel, salah satunya MediaTek.


Didirikan pada tahun 1997, MediaTek merupakan cabang dari United Microelectronics Corporation, perusahaan semikonduktor pertama di Taiwan dan spin-off dari Institut Penelitian Teknologi Industri yang disponsori pemerintah. 


MediaTek memproduksi komponen smartphone pada tahun 2004, setelah 16 tahun kemudian MediaTek menduduki puncak papan peringkat prosesor smartphone di negara tetangga China, dengan pangsa pasar 38,3% pada Q2 tahun ini, melampaui Qualcomm 37,8% menurut penelitian DigiTimes


Dengan perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun kebelakang, kemunculan smartphone 5G sudah bisa didapatkan di pasaran dengan harga £ 329 atau setara Rp 5.750.000 dengan dukungan MediaTek Dimensity 800. 


Chip MediaTek memberikan kesan lebih dari sekedar smartphone. Setelah bermitra dengan Amazon, Peloton, Roku, Sony dan bahkan Intel, MediaTek (yang kurang terkenal ini) menyusup ke smarthome dengan bantuan jaringan 5G.


Pertama, kita mulai dari perangkat yang sudah terpasang chip MediaTek, perangkat Amazon. Tablet Fire HD, perangkat pertama dengan chip MediaTek. Meskipun tidak terlalu dipuji dipasaran karena kinerjanya, namun nilainya tidak terkalahkan. Sejak pertama kali diluncurkan, pengalaman pengguna tablet Amazon yang terjangkau ini terus meningkat dan hingga sekarang menjadi sangat bagus di harga jualnya. Pada tahun 2020, raksasa retail tersebut bahkan menyalip Samsung sebagai pembuat tablet Android nomor satu di Amerika Serikat dan MediaTek sendiri lebih berani mengklaim sebagai pembuat chipset nomor satu untuk tablet di dunia.


Sejak Echo Dot pertama diluncurkan pada tahun 2016 saat memperkenalkan Prosesor Neural Edge AZ1 Amazon, Amazon dan MediaTek telah melakukannya di seluruh lini Echo. Tidak hanya mencakup Smart Speaker, MediaTek juga mengambil alih dari Intel pada Smart Display Echo Show pada tahun 2019. Bahkan peluncuran Amazon yang lebih ekperimental, Smart Oven dan Soundbar misalnya, diberdayakan oleh pihak internal MediaTek.


Sebagai perusahaan yang dikenal sebagai penggemar teknologi chip smartphone, ini bisa dikatakan sangat mengesankan. Mengapa? MediaTek disebut juga sebagai produsen TV nomor satu dengan pangsa pasar 70% dari Roku hingga Sony, TV Stick hingga TV Full-blown. MediaTek juga membuat chip Chromebook termasuk yang ada di dalam Lenovo IdeaPad Duet, Laptop / Hybird Tablet yang nilainya bagus, juga salah satu Chromebook dengan ulasan terbaik hingga saat ini.


Jika kamu penggiat fitnes dalam rumah, kamu bisa menggunakan Peloton Bike, sepeda dari MediaTek yang sudah terpasang chip. Selain di sepeda, chip MediaTek juga terpasang pada beberapa brand seperti Nordic Track, Pro Form, dan Tonal (pendayung vertikal smart screen), semuanya memiliki teknologi MediaTek.


Terlepas dari semua kesuksesan MediaTek dalam penanaman teknologi di berbagai sektor, MediaTek relatif tidak dikenal. Apakah perusahaan gagal memasarkan barang dagangannya? Tentu saja tidak.


MediaTek bukan konsumen, segala teknologi yang dibuat dijual ke perusahaan dengan dorongan pemasaran tentang jaringan 5G. Bahkan MediaTek bermitra dengan Intel dengan tujuan menaikkan level laptop ke konektivitas 5G. Yang berarti produksi laptop selanjutnya akan menerapkan jaringan 5G dengan dukungan Qualcomm seperti Lenovo Yoga 5G.


MediaTek berusaha meningkatkan teknologinya agar jaringan 5G bisa digunakan pada setiap perangkat. Smartphone dengan konektivitas 5G dengan chipset MediaTek bisa ditemukan pada ponsel Oppo Reno 4Z dengan Dimensity 800. Chip smartphone kelas menengah seperti Dimensity 800 dan Snapdragon 765G bisa dikatakan cukup bagus untuk penggunaan sehari-hari, rekam video 4K tidak lag dan bahkan bisa menjalankan game 3D seperti Genshin Impact, game JRPG yang gratis dimainkan ini cukup berjalan baik pada Oppo Reno 4Z.


Meskipun dulu MediaTek merupakan tanda inferioritas pada spesifikasi sheet smartphone, dan keterjangkauan harga yang membuat para konsumen mempertanyakan kualitasnya, namun saat ini MediaTek sudah merambah ke berbagai perangkat dan peralatan. Hal yang membuat teknologi MediaTek paling dicari yaitu konektivitas 5G.

Load comments