Digital Foto Pertama Kali Dengan 3.200-Megapixel

Digital Foto Pertama Kali Dengan 3.200-Megapixel


Scientist dari Menio Park, berbasis di California SLAC National Accelerator Laboratory telah pertama kali berhasil mengambil foto digital dengan resolusi 3.200-megapixel menggunakan perangkat kamera digital canggih yang dibuat untuk menjelajahi luar angkasa. 


Projek ini memakan waktu 10 tahun untuk dapat mengamati seluruh galaxy dengan tujuan untuk mendapatkan titik terkecil dan detail yang ada di alam semesta. "Kami akan mengukur dan membuat katalog sekitar 20 milliar galaksi" Steven Kahn, Director, Vera C. Rubin Observatory di Chile. 


Tim yang sedang mengerjakan kamera digital ini baru saja menyelesaikan focal plane (bidang fokus), yang merupakan rangkaian sensor pencitraan dengan lebar lebih dari dua kaki. Focal length (panjang fokus) setara dengan kamera iPhone 11 dengan 26 milimeter. Tim membutuhkan waktu sekitar 6 bulan untuk merakit sensor, yang sebagian besar karena sensor dapat dengan mudah retak jika saling bersentuhan selama proses pemasangan. 


Kepala brokoli romanesco ditangkap pada 3.200 megapiksel.

Karena kamera belum lengkap, para ilmuwan menggunakan proyektor pinhole untuk menguji focal plane. Mereka mengambil foto dari gambar Vera C. Rubin (ilmuwan akhir yang menjadi nama observatorium), tim kamera, dan kepala brokoli romanesco.

Load comments