Semua Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang iPhone 12 Tanpa Charger

Semua Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang iPhone 12 Tanpa Charger

iPhone keluaran terbaru tidak menambahkan power adapter didalam kotaknya namun sudah didukung dengan charger wireless milik Apple yaitu MagSafe.


Lalu mengapa charger tidak disertakan lagi di iPhone 12 ? Apple memiliki tujuan untuk mengurangi pemborosan pada bahan baku aksesoris dan tentunya untuk menghasilkan pemasukan yang lebih. Tetapi dengan mengeluarkan dana lebih, keluaran iPhone terbaru sudah menerapkan fitur charger wireless, MagSafe.


Apa Yang Akan Didapatkan Pada iPhone 12?


Setiap pembelian iPhone 12, didalam kotaknya terdapat kabel Lightning-to-USB C dan tidak ada adaptor charger. Hal lainnya yang tidak dijadikan satu dalam kotak iPhone 12 yaitu EarPods. Ya, Kamu tidak akan mendpatkan EarPods, jadi harus membeli headphone secara terpisah. Kamu bisa membeli AirPods (earbud wireless) buatan Apple atau menggunakan alternatif headphone wireless lainnya. 


Seperti yang dijelaskan bahwa Apple tidak menambahkan charger dalam kotak pembelian. Ini berarti bisa meningkatkan pengiriman 70% lebih banyak perangkat iPhone 12 kepada pembeli. Kotak yang lebih kecil disebutkan bisa mengurangi emisi karbon tahunan sebesar 2 juta metrik ton.


Lalu Bagaimana Cara Charge iPhone 12?

Apple belum sepenuhnya mentransisikan iPhone ke USB C (yang memberikan pengisian lebih cepat) sehingga iPhone 12 masih harus di charge dengan kabel Lightning. Dengan menggunakan kabel Lightning jadi harus menggunakan power adapter USB A untuk mengisi daya iPhone 12. Nah, dengan kabel Lightning-to-USB C Kamu bisa menghubungkan iPhone 12 ke laptop Mac.


Selain itu, iPhone 12 kompatibel dengan pad charger Qi wireless. Fokus utama untuk pengisian daya iPhone 12 adalah dengan konektor magnet MagSafe proses pengisian daya yang mudah dan cepat.


Apa Itu MagSafe?


Sebelum Apple transisi pengisian daya MacBook ke pengisian daya dengan USB C, Apple menggunakan istilah MagSafe, konektor kabel pengisi daya komputer dimana ujung magnetnya menempel ke port pengisian daya di MacBook. 


Dan kemudian Apple menghadirkan MagSafe ke jajaran iPhone 12 dengan bentuk cakram (kepingan) bermagnet yang terlihat seperti pengisi daya Apple Watch. Konektor MagSafe ini mencakup kabel USB C yang dihubungkan ke catu daya dan mengisi daya pada 15W.


Terus Saya Harus Beli Apa Aja?

Jika Kamu sudah memiliki iPhone atau iPad denga kabel Lightning, Kamu tidak perlu membeli apa pun lagi. Cukup gunakan adaptor daya yang sudah Kamu miliki dan hubungkan iPhone 12 dengan kabel Lightning.


Jika Kamu ingin charger MagSafe Wireless, Kamu bisa membelinya seharga $39 yang terintegrasi USB C sepanjang 1 meter.


Untuk pengisian daya yang lebih cepat daripada adaptor Apple yang 5W, adaptor USB C 20W bisa Kamu beli dan digunakan dengan menghubungkan kabel Lightning-to-USB C yang disertakan didalam charger MagSafe. 


Meskipun di kotak pembelian iPhone 12 sudah terdapat kabel Lightning-to-USB C, namun mereka juga menjual kabel Lightning-to-USB C secara terpisah dan lebih panjang dengan ukuran 1 meter dan 2 meter seharga $19 dan $33.


Apple juga mempromosikan MagSafe Duo Charger sudah termasuk dock untuk Apple Watch, namun belum ada informasi yang jelas mengenai produk ini.


Apakah MagSafe Bisa Bekerja Jika Menggunakan Case HP?

Jawabannya, Bisa. Namun harus dengan case/aksesoris yang kompatibel dengan MagSafe. Kamu bisa membeli aksesori ini di Apple atau pihak ketiga seperti Belkin dan Otterbox yang memiliki produk MagSafe sendiri.


Jika Kamu memiliki case non-MagSafe (tidak kompatibel MagSafe) Kamu tetap bisa mengisi daya dengan MagSafe namun daya tarik magnet akan terhalang oleh case HP.


Apakah MagSafe Bisa Digunakan Pada iPhone Model Lama?

Meskipun MagSafe dirancang khusus untuk iPhone 12 keluaran terbaru, secara teknis charger ini kompatibel dengan iPhone model lama yang mendukung pengisian daya wireless, serta model AirPods dengan pengisian daya wireless. 


Namun karena model ponsel lama ini tidak memiliki fitur magnet di bagian belakang perangkat, Kamu tidak bisa melakukan pengisian daya secara ideal. Hanya iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro Max yang mendukungnya. Smartphone lain seperti Android bisa menggunakan MagSafe tetapi tidak akan terkunci pada tempatnya.


Supported iPhone Models - MagSafe

  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 12 Mini
  • iPhone 12
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone 11
  • iPhone SE (2nd generation)
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone X
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus

Supported AirPods Models - MagSafe

  • AirPods Pro
  • AirPods with Wireless Charging Case (2nd generation)
  • Wireless Charging Case for AirPods
Load comments